Minggu, 24 April 2011

Membuat Efek Glow Pada Teks

Salam sejahtera sahabat blogger, pada postingan kali ini saya sedikit mengulas kreasi saya saat bermain dengan software image editor yang cukup terkenal,yaitu photoshop, banyak sekali yang bisa kita buat dengan software ini, dan penggunaan yang bisa dibilang gampang - gampang susah, mengapa?karena cukup banyak fitur yang ditawarkan, sampai - sampai kita bingung akan digunakan untuk apa fitur tersebut. lanjut pada postingan, saya akan share sedikit untuk para blogger yang sedang belajar dengan photoshop, jika sudah tingkat mahir pasti anda tidak akan butuh tutorial ini.yang perlu anda persiapkan photoshop tentunya, jika belum ada silahkan anda search di google akan ada banyak tautan yang menuju download software tersebut, mohon maaf saya tidak menyiapkan software tersebut. baiklah simak berikut langkah demi langkahnya, jangan sampai terlewat satu langkah pun.



1. Pertama siapkan lembar baru,ukuran terserah sobat blogger saya gunakan 500px x 500px.
2. Berikan warna background hitam.
3. Buatlah Layer baru, yang masih kosong tentunya. 
4. Aktifkan Elliptical Marquee Tool  untuk membuat seleksi ditengah gambar.Lihat setting berikut.
5. Tentukan warna hitam sebagai warna foreground dan warna putih sebagai warna background. Selanjutnya buatlah Clouds dalam seleksi yang sudah Anda buat Filter > Render > Clouds. Efek Clouds / Asap ini dibuat oleh Photoshop secara acak. Jika Anda tidak puas dengan hasilnya, Anda tinggal klik Undo dan melakukan render ulang. Saya sebut layer ini sebagai layer Clouds.
6. Buat layer kosong di atas layer Clouds, kemudian pilih layer tersebut. Ubah Blending Mode-nya menjadi Overlay seperti pada gambar berikut.
7. Di sini saya gunakan warna foreground #66ff00 dan warna #ffff00 sebagai background-nya. Gunakan Gradient Tool pada layer baru tersebut. Hasilnya kurang lebih akan terlihat seperti berikut.
8. Sekarang, kita buat tulisan di atas asap yang sudah kita beri warna. Gunakan Type Tool untuk menambahkan teks. Ubah Blending mode-nya menjadi Overlay sehingga akan terlihat seperti ini.
9. Selanjutnya, kita akan buat garis yang bersinar dengan menggunakan Pen Tool. Langkah berikut ini akan membutuhkan rangkaian langkah yang agak panjang. Agar tetap bisa mengikuti, saya sarankan Anda lebih mencermati tiap detail langkah-langkah berikut.
Pen Tool adalah salah satu tool Photoshop yang cukup unik, baik cara penggunaannya maupun efek yang dihasilkannya. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan tool ini saya akan berikan gambaran awal tentang apa saja yang bisa Anda temukan dalam Tombol Flyout Pen Tool berikut ini:
  • Pen Tool – digunakan untuk menggambar kurva, biasanya tool ini yang digunakan pertama kali dalam suatu rangkaian kerja yang memanfaatkan garis. Anda tinggal klik dan drag pointer mouse untuk membuat sebuah kurva. Anda tidak perlu khawatir jika kurva yang Anda buat kurang menarik. Anda bisa meng-edit-nya lagi nanti.
  • Add Anchor Point Tool – digunakan untuk membuat titik acuan baru dalam kurva yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Remove Anchor Point Tool – Tool ini digunakan untuk menghapus titik acuan dalam kurva Anda.
Convert Point Tool – Gunakan tool ini untuk mengubah dan memindahkan titik acuan dalam kurva dan mengatur posisinya. Tool ini dapat digunakan dengan cara:
- Klik pada titik lengkung untuk mengubahnya mejadi titik sudut
- Klik dan drag sebuah titik sudut untuk mengubahnya menjadi titik lengkung
- Sambil menekan tombol Ctrl, Anda juga bisa memindahkan titik acuan
- Klik pada kurva untuk mengatur segmen yang bersangkutan.

a. Nah, setelah mendapatkan sedikit gambaran di atas, sekarang kita buat kurva seperti pada gambar di bawah. Dalam langkah ini, kurva yang kita buat baru berupa path (alur) saja. Nantinya alur ini yang akan menjadi panduan posisi garis cahaya yang kita buat. Pilih Pen Tools, pastikan Anda memilih ikon Path pada panel Pen Tools di bagian atas layar seperti ilustrasi di bawah.

b. Buat layer kosong di atas layer teks kemudian pilih layer tersebut. Agar lebih mudah, kita beri nama layer ini layer Garis Cahaya
 
c. Pilih Brush Tool. Klik-kanan di manapun dalam gambar. Atur Master Diameter menjadi 3px dan Hardness menjadi 100%. Atur juga warna foreground menjadi putih.

d. Pilih Pen Tool dan klik-kanan di manapun dalam gambar. Pilih Stroke Path dari menu tersebut. Pastikan bahwa Simulate Pressure sudah terpilih kemudian klik OK.
Sekarang, Anda sudah memiliki gambar sinar sepanjang path yang Anda buat seperti gambar berikut.
e. Selanjutnya, mari kita sembunyikan path yang tadi kita buat. Buka jendela Paths Window > Paths. Klik dalam jendela tersebut, di bawah path yang sedang aktif untuk menghilangkan seleksi. Dengan cara ini, Anda telah menyembunyikan path Anda dari tampilan.

f. Untuk menambahkan kesan sinar, sekarang kita tambahkan efek glow. Klik-kanan pada layer dan pilih Blending Options. Klik pada bagian Outer Glow dan ubah warnanya menjadi #99ff00.

Kerlap-kerlip cahaya
Untuk menambahkan efek ini di sepanjang garis cahaya kita cukup melakukan langkah berikut. Pilih layer Garis Cahaya di atas. Gunakan Brush Tool untuk membuat titik-titik kecil di tempat yang Anda suka. Jangan lupa, gunakan ukuran brush antara 1-4px saja. Sekarang, gambar Anda akan tampak seperti berikut.


Terimakasih sobat blogger,jika anda ingin Request tutorial lain silahkan tulis dikolom komentar.
Semoga bermanfaat.

10 comment:

eckycalm mengatakan...

mantap sob, mw request donk bisa kan sob, tolong buatin e-book tutorial photoshpo donk yang lebih lengkapnya...bisa kan sob

Exzhadhian mengatakan...

boleh sob,nunggu ada waktu lebih ya sob..terimakasih bgt nih udah koment...^_^

ipanrock mengatakan...

wow keren sob..
thx iia dah diposting
nanti saya coba untuk energy saving mode

OZY-W mengatakan...

Thanks infonya sob, mau dipraktekan nich (minta izin). hhhhhh

maswardi mengatakan...

thank infonya, tp sayang belum punya potoshop

Exzhadhian mengatakan...

sama2 sobat,,kalo belum punya googling aja om,,banyak link downloadnya kok,,

Berbagi Kreativitas mengatakan...

Keren shbt tips-na.! utk saya yg suka sekali design sungguh manfaat utk tmbah-tmbah ilmu pngetahuan. sukses selalu shbt

Exzhadhian mengatakan...

berkreasilah sobat,terimakasih telah berkunjung dan beri komentar...sukses jg utkmu sobat,,

saputra mengatakan...

saya coba gan tutornya...

ceriwis area 51 mengatakan...

Mantap bos, ini yang saya cari2. thx.

Posting Komentar